Foo

1. Failover System Failover adalah berpindahan yang dilakukan otomatis oleh sistem untuk membackup semua sub sistem aplikasi kita me...

Cloud Computing - Specialized Cloud Mechanism

1. Failover System

How to create a server failover solution - Expert How-To Guides

Failover adalah berpindahan yang dilakukan otomatis oleh sistem untuk membackup semua sub sistem aplikasi kita meliputi aplikasi, server, jaringan listrik, pendingin ruangan dan perangkat-perangkat penting lainnya. Tujuan dari adanya failover ini adalah untuk mengatasi jika terjadi kegagalan suatu sub sistem, maka sub sistem backup akan menggantikan fungsi yang gagal tersebut secara otomatis.

System yang mempunyai kemampuan failover akan menjamin bahwa aplikasi akan berjalan terus-menerus dan tidak terganggu akan kegagalan salah satu sub system karena ada proses penggantian sub system yang gagal ke sub system backup secara otomatis



2. Hypervisor

Apa Itu Hypervisor ? | IT-Jurnal.com

Hypervisor (disebut juga Virtual Machine Monitor) adalah platform atau aplikasi untuk menjalankan teknik virtualisasi, yang dapat menjalankan beberapa guest OS di dalam host OS. Secara sederhana, proses virtualisasi dilakukan oleh firmware ini mulai dari berbagi resource yang dimiliki oleh si host, hingga mengelola akses antara hardware dengan sistem operasi yang berjalan diatasnya.

Type Hypervisor :
a). Hypervisor tipe 1
            Hypervisor tipe 1 disebut juga sebagai baremetal atau native hypervisor. Hypervisor berjalan pada perangkat keras. Tipe ini diinstall seperti aplikasi yang bundling dengan OS menjadi satu dalam sebuah CPU, sehingga tidak seperti tipe 2 yang harus diinstall OS dulu sebelum menjalankan hypervisor tipe 2.

 b). Hypervisor tipe 2
            Hypervisor tipe 2 disebut juga sebagai hosted hypervisor. Hypervisor berperan sebagai software yang akan menjalankan dan mengelola virtual machine. Akses sumber daya hardware nya harus melewati sebuah sistem operasi terlebih dahulu.

Virtualisasi: Solusi Mudah Mencicipi Sistem Operasi Halaman 1 ...


3. Resource Cluster

Cloud Computing Patterns | Mechanisms | Resource Cluster ...


Resource Cluster adalah pengelompokan untuk meningkatkan alokasi performa penggunaan sistem. Resource Cluster digunakan untuk mengelompokkan beberapa resource yang terpisah menjadi satu. Hal tersebut meningkatkan kapasitas sumberdaya(resource) sistem yang dikelompokkan.



4. Multi Device Broker


Multi Device Broker adalah mekanisme yang digunakan untuk cloud service dapat diakses secara luas untuk program user dan perangkat user.



5. State Management Database

State Management Database adalah perangkat penyimpanan sementara yang digunakan untuk mempertahankan data untuk sistem. State management database juga berfungsi sebagai caching data dalam memori.



0 komentar: