Foo

 Apa itu Message Broker? Message broker adalah third-party application atau modules tambahan pada sebuah sistem aplikasi. Message broker ini...

Message Broker

 Apa itu Message Broker?

Message broker adalah third-party application atau modules tambahan pada sebuah sistem aplikasi.
Message broker ini berperan sebagai jembatan pada services dari sistem aplikasi yang sedang berjalan.

Studi Kasus

Jika dalam suatu sistem aplikasi terdapat dua service, misalkan service A, dan B. 
Service A digunakan untuk mengirim data ke Service B. Service B digunakan untuk memproses dan mengirim data ke end-user. Otomatis masing-masing dari kedua service tersebut harus berjalan. Bagaimana misalnya salah satu service mati? Bagaimana jika Service B untuk mengirim data ke end-user mati? Service A mengirim data kemana?
Service A akan gagal mengirim data ke Service B karena Service B mati. Dan karena Service B mati, kemungkinan besar Service A juga tidak akan berjalan.

Message Broker hadir untuk mengatasi masalah seperti diatas. Dalam pengunaannya, Message Broker menjadi jembatan antara Service A dan Service B. Jadi, jika ada salah satu service yang mati (dalam studi kasus yaitu Service B), maka Service A akan memforward data ke Message Broker, dan dari Message Broker akan dikirim(pending) ke Service B (yang mana service ini mati), dan jika Service B  telah hidup kembali, maka Service B akan menerima data dari Message Broker.


0 komentar: